So I decided to start writing letters, to anyone...

Sometimes Susan, Roselin, or Erie writes but most of the time, it's Fida. mail

Tuesday 25 January 2011

Day 4- Berbaikan dengan Tuhan

Saya pernah ditanya: Apakah sholat itu ibadah atau rutinitas, sebatas kebiasaan? Saya otomatis jawab kalau sholat itu ibadah. Waktu itu argumen saya kurang kuat dan saya sempat percaya kalau sholat yang saya lakukan hanya sebatas rutinitas. Tapi sekarang saya tahu, kalau sholat itu ibadah. Ada sebuah komunikasi yang terjadi antara manusia dengan Tuhannya dan itu terjadi waktu kita sholat/ ibadah. Saya memang tidak terlalu khusyuk waktu sholat, tapi kita merasa hubungan itu, ya kan?
--

Rutinitas spiritualitas saya kacau. Saya bukan orang yang taat tapi untuk yang 5 waktu itu, saya berusaha untuk tidak bolong. Beberapa bulan terakhir, saya selalu tidur malam (diatas jam 12) akibatnya, subuh sering telat atau waktu sholat, saya merem-melek antara tidur- terjaga. Sholat di waktu lain pun juga seperti, hanya sebatas gerakan. Untuk duduk sebentar selesai sholat pun saya terlalu sombong, alasannya sih sibuk, banyak kerjaan. Saya sudah menjauh.

Belakangan ini saya merasa Tuhan tidak ada disana; kosong. Ah, mungking hanya perasaan, entah lah. Kiai/ ustadz diluar sana sering bilang, ibaratkan Tuhan sebagai pacar, kalau kita terlalu sering menjauh pasti dia sakit hati. Dalam hal ini, saya terlalu sering menyakiti Tuhan; datang hanya pada waktu saya menginginkan sesuatu atau sedang susah, untuk bersyukur pun terlalu sibuk. Dosa sudah menggunung pun tetap sombong.

Tapi disini yang membedakan Tuhan dan manusia, entah sudah berapa sering saya sakiti, waktu saya kembali, dia masih ada disana. Sang Pemaaf dan Maha Penyayang. Sekarang saya lagi memperbaiki hubungan dengan Tuhan, saya merasa segan. Rasanya seperti habis berbaikan setelah bertengkar dengan seorang teman, sedikit canggung.


credit

Tuhan itu ada disana, dia tidak pernah pergi hanya kita, manusia, yang terlalu sering menjauh. Mau sejauh apapun kita pergi, suatu saat kita pasti kembali.

1 comment:

  1. love this post, i know this feeling, coz.. yeah i did that too :)

    ReplyDelete